Penyebab Jam Tangan Berembun dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jam Tangan Berembun

Kelembaban suhu adalah salah satu musuh jam tangan yang seringkali dialami oleh para pengguna jam tangan, terutama yang tinggal di daerah dengan curah hujan yang tinggi dan di daerah yang suhunya dingin. Penyebab jam tangan berembun yakni adanya air yang masuk ke dalam jam dan terjebak di bagian dalam jam tersebut.

Jika tidak mengalami embun yang parah, embun dapat menghilang dengan sendirinya. Tapi, jika embun yang ada pada jam tangan tidak hilang dengan sendirinya, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada jam tangan Anda. Untuk itu, Kami akan memberitahu Anda apa penyebab jam tangan berembun dan cara mengatasinya.

Penyebab Jam Tangan Berembun

1. Kehujanan

Penyebab jam berembun yang pertama adalah bisa disebabkan karena kehujanan. Kita tinggal di negara tropis yang mana hanya mempunyai dua musim, yakni musim kemarau dan musim penghujan saja. Disaat sudah masuk musim penghujan, hal tersebut tidak dapat menutup kemungkinan bahwa jam tangan Anda juga akan ikut terkena basah dari cipratan air hujan. Apabila Anda dibiarkan terus menerus, jam tangan Anda bisa jadi berembun. Apalagi jika Anda merupakan seorang pengendara kendaraan roda dua dan nekat menggunakan jam tangan pada saat sedang turun hujan.

2. Kepanasan

Embun di dalam jam tangan jug abisa disebabkan karena adanya uap air yang masuk dan terperangkap di bagian dalam jam, dan tidak bisa keluar lagi. Itulah penyebab mengapa kehujanan dan juga kepanasan merupakan salah satu faktor utama yang menjadi embun di suatu jam tangan. Tetapi, embun juga bisa muncul karena adanya perbedaan antar kedua suhu yakni suhu jam dengan suhu udara luar. Jika biasanya jam tangan Anda berada dalam ruangan dengan suhu yang cenderung dingin, lalu Anda pergi ke tempat dengan suhu yang panas, hal tersebut bisa saja embun langsung terbentuk di dalam jam tangan dan menempel di sisi-sisi kacanya. Jadi, selain karena kedinginan dan juga kehujanan, kepanasan juga bisa menjadi faktor utama yang menjadi penyebab jam tangan berembun.

3. Terendam

Terendam juga merupakan salah satu penyebab jam tangan berembun, loh. Jika jam tangan yang Anda pakai tidak memiliki tanda water resistant yang terletak di bagian bawah jam tangan, jangan pernah sekali-kali Anda menggunakan jam tangan tersebut di dalam air. Water resistant adalah suatu label yang dituliskan pada bagian belakang jam tangan, yang menandakan bahwa jam tangan tersebut anti air dan tahan ketika terendam didalam air.

sehingga apabila Anda ingin menggunakan jam tangan tersebut dalam keadaan basah-basahan sekalipun Anda tak perlu cemas dan khawatir akan terjadinya embun. Meskipun begitu, biasanya setiap merk dan tipe jam tangan telah memiliki water resistant dengan kekuatan yang bermacam-macam. Ada yang hanya kuat 6 jam, 8 jam, 12 jam, dan lain sebagainya. Jika Anda terlalu lama membiarkan jam tangan Anda di dalam air, hal tersebut bisa saja akan ada embun yang terjebak di dalam jam tangan Anda.

Cara Mengatasi Embun di Jam Tangan

Nah, tadi itu beberapa penyebab kemungkinan terjadinya embun di jam tangan. Sekarang, Alangkah baiknya jika Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi jam tangan berembun, yuk simak dibawah ini:

1. Dijemur

Cara mengatasi embun yang ada di jam tangan hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjemurnya dibawah sinar matahari. Yang dimaksud menjemur di sini bukan seperti menjemur pakaian dan lain sebagainya, ya. Jadi Anda hanya perlu meletakkan jam tangan yang berembun tersebut di area terbuka yang sirkulasi udaranya lancar dan juga terkena sinar matahari langsung.

Tapi ingat jangan terlalu lama meletakkannya di bawah matahari cukup 15-30 menit saja jika lebih hal tersebut dapat mengakibatkan jam tangan Anda cepat rusak. Anda bisa juga menyimpan jam tangan yang berembun tersebut di dekat perapian, belakang kulkas, di taman belakang rumah yang terkena sinar matahari, dan tempat hangat yang lainnya. 

2. Bongkar Jam

Cara mengatasi embun di jam tangan yang kedua adalah dengan cara membongkar jam tangan tersebut. Biasanya bagian belakang jam terdapat beberapa sekrup kecil. Anda bisa membukanya dengan menggunakan obeng yang cocok dan juga jemurlah jam Anda ketika sudah dibongkar.

3. Buka Kaca

Selain membongkar bagian belakang jam, cara selanjutnya yang dapat Anda lakukannya adalah membuka kaca jam tangan buram supaya uap lebih cepat kering. Sehingga Anda bisa mengelap bagian dalam jam menggunakan kain atau tisu jika air yang ada di dalam jam terlalu banyak.

4. Bungkus dengan Handuk

Ketika hari sedang musim hujan terus menerus, tentunya Anda tidak akan bisa menjemur jam yang ada embunnya. Nah, cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan embun yakni Anda bisa membungkus jam tangan yang berembun tersebut dengan handuk. Letakkan handuk di udara terbuka (kalau bisa di tempat yang akan terkena sinar matahari supaya panas yang dihasilkan dari sinar matahari dapat menghasilkan suhu hangat).

5. Pakai Hair Dryer

Anda mempunyai hair dryer di rumah? Anda dapat memanfaatkannya sebagai cara mengatasi embun yang ada di jam tangan. Atur hair dryer dengan tingkatan panasnya yang paling rendah. Lalu, mulai panaskan jam tangan Anda yang berembun tersebut. Jangan sampai hair dryer terlalu dekat dengan jam, setidaknya berikan jarak sekitar 15 cm. Nah, apabila Anda tidak memiliki Hair Dryer. Anda bisa melakukan cara yang lainnya.

6. Beras

Mungkin Anda sering mendengar saran kalau handphone yang tercelup ke air, maka simpanlah di tempat beras. Ternyata saran tersebut juga berlaku untuk jam tangan yang berembun. Beras dapat menyerap uap air dengan sangat baik. Makanya, uap pada jam tangan pun dapat hilang tanpa membuka (casing dan juga kaca jam) terlebih dahulu. Hal ini sudah banyak dilakukan orang dan rata-rata dari mereka berhasil menghilangkan uap Air yang ada di dalam jam tangan tersebut.

7. Sinari dengan Lampu

Cara mengatasi embun yang ada di jam tangan yang selanjutnya adalah dengan cara menjemur jam di bawah lampu. karena lampu dapat memberikan suhu hangat dan bisa menyerap uap air dengan baik . Anda juga bisa menggunakan lampu meja atau lampu bohlam, biarkan jam tangan dibawah lampu sampai embun benar benar sudah hilang.

8. Laptop

Cara mengatasi embun yang ada pada jam tangan yakni Anda bisa memanfaatkan panas dari laptop atau komputer Anda untuk menghangatkan jam tangan supaya embunnya yang didalam jam tangan cepat menghilang. Cara yang satu ini memang cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan cara-cara yang lainnya di atas.

9. Lilin

Cara mengatasi embun yang di jam tangan selanjutnya adalah dengan cara cara memanfaatkan cahaya lilin. Lebih baik Anda menggunakan cahaya lilin, lilin yang sudah pendek atau yang ukurannya Anda potong menjadi lebih pendek. Nyalakan lilin, lalu taruh jam tangan yang berembun tersebut di dekat lilin. Mungkin Anda akan memerlukan banyak batang lilin karena cara ini cukup memakan waktu yang lama untuk benar-benar menghilangkan embun dari jam tangan.

10. Silica Gel

Silica gel dapat berfungsi untuk menyerap suhu lembab agar kondisi barang atau makanan tetap terjaga. Nah, Anda bisa menggunakan silica gel untuk menyerap suhu lembab yang ada embun dari jam tangan Anda.

Cara menggunakannya, pertama-tama siapkan 1 – 2 kemasan silica gel, Anda bisa menggunakan silica gel bekas tas, makanan, ataupun bekas barang lainnya. Setelah itu, siapkan toples yang ada penutupnya. Masukkan silica gel dan jam tangan ke dalam toples, lalu tutup hingga rapat-rapat. Tunggu sampai embun benar benar hilang.

Nah, sampai disini pembahasan kami kali ini mengenai penyebab jam tangan berembun dan cara mengatasinya. Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan artikel ini bisa Anda berikan komentar dengan baik dan sopan, terima kasih telah berkunjung ke blog kami sekian dan semoga bermanfaat. selamat mencoba 🙂

Penyebab Jam Tangan Berembun dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas